Terlepas dari persiapan yang banyak itu, anda memerlukan promosi untuk memberitahukan kepada khalayak bahwa anda akan menyelenggarakan pameran. Karena tanpa promosi tidak mungkin orang-orang tahu akan event tersebut. Paling tidak seminggu sebelum hari dilaksanakan atau jika anda super sibuk dua hari sebelum pameran anda perlu mempromosikannya.
Tapi tenang saja, karena ada solusi yang dapat anda terapkan untuk mempromosikan pameran anda tanpa memakan banyak waktu dan biaya.

Kali ini akan kita bahas bersama-sama bagaimana sih langkah-langkah mempromosikan pameran tanpa memerlukan waktu lama dan biaya yang besar?

Langkah 1: Kirim 20 Undangan Pribadi (60 menit)
Pada dasarnya setiap orang senang mendapatkan undangan, karena secara tidak langsung hal itu merupakan suatu bentuk apresiasi atau penghargaan terhadap seseorang. Tidak memerlukan waktu lama, hanya 60 menit saja yang anda butuhkan untuk mengirim undangan pribadi. Undanglah keluarga, teman-teman, rekan bisnis, atau mungkin orang terkasih anda untuk datang.

Langkah 2: Kirim Email (30 menit)
Langkah yang kedua adalah mengirim email, ini langkah yang efektif sekali karena anda dapat menjangkau lebih banyak orang. Sekedar tips yaaa.. Kirim email Anda sekitar waktu makan siang atau segera setelah pada hari Selasa, Rabu atau Kamis – ini akan menjadi masa yang paling mungkin bahwa orang akan membukanya.
Jika memungkinkan menggunakan e-mail program manajemen profesional seperti aweber, ConstantContact atau MailChimp. Ini akan memungkinkan Anda untuk mempersonalisasi email Anda dan mengirim 100 dari mereka pada waktu yang sesuai dengan Anda.
(Catatan tentang menggunakan Windows Mail dll: Mengirim 100 hanya melalui Windows Mail mungkin akan memakan banyak waktu dan mengirimkannya langsung ke folder spam.
Dan yang lebih penting lagi SELALU Anda kontak ‘bcc’. JANGAN menempatkan rincian kontak dalam kolom ‘To:’ atau ‘cc:’ tombol karena semua kontak Anda akan terlihat SEMUA ORANG … sangat menjengkelkan bagi penerima dan benar-benar pelanggaran kerahasiaan, tapi anugerah untuk pesaing Anda.

Langkah 3: Kirim Postcard (10 menit)
Anda tahu postcard bukan? Postcard adalah kartu pos, hampir mirip seperti kartu ucapan. Buatlah postcard seunik mungkin agar penerima merasa penasaran. Idak perlu waktu lama hanya butuh 10 menit saja, karena sekarang sudah banyak aplikasi untuk membuatnya seperti Vistaprint dan Moo kartu.

Langkah 4 : Buat Penawaran Khusus (5 menit)
Setiap orang ingin diperlakukan secara spesial, langkah selanjutnya dalah membuat penawaran khusus. Penawaran khusus disini tidak hanya berarti mengirimkan undangan saja, anda juga dapat menawarkan panawaran berupa diskon atau doorprize yang membuat para pengunjung terasa seperti raja saat memasuki booth pameran anda.

Langkah 5 : Luncurkan Sesuatu Yang Baru (5 menit)
Langkah berikutnya dapat dikatakan pula sebagai pemanfaatan kesempatan dalam pameran. Saat pameran nanti perkenalkanlah produk baru sebagai penyegar pameran anda. Buatlah produk yang original atau fresh dari anda.

Langkah 6: Perbarui signature email Anda (10 menit)
Di bagian bawah setiap email yang Anda kirim Anda dapat menempatkan sebuah disebut ‘email signature’. Di sinilah orang memasukkan rincian kontak mereka, alamat website dll.
Hal ini sangat mudah untuk memperbarui tanda tangan tersebut melalui program email. Biasanya Anda dapat membuat tanda tangan di bawah ‘Format’, dan kemudian menerapkannya di bawah ‘insert’. Anda dapat menemukan rincian lebih lanjut tentang bagaimana melakukannya dalam program email Anda di ‘bantuan’ kotak atau ‘email signature’ Google.

Langkah 7: Update website Anda, blog atau toko online (15 menit plus)
Langkah selanjutnya untuk mempromosikan pameran anda adalah melalui blog atau toko online yang anda miliki. Buatlah pengumuman di dalam blog atau toko online anda tersebut. Tidak memerlukan waktu yang lama. Kurang lebih 15 menit cukup untuk mengupdate kembali blog atau toko online yang anda miliki.

Langkah 8: Berbagi cerita dan gambar di FaceBook (5 menit sekali)
Jika anda mengupdate status di facebook anda sertakan pula gambar dan sebatit-dua bait tulisan mengenai pameran yang anda buat. Karena jangkauan di jejaring sosial lebih luas lagi daripada email.

Langkah 9 : Aksi 9: Pasang acara Anda ke daftar pameran (30 menit plus)
Tidak ada salahnya jika anda mempromosikan pameran anda dalam press release. Karena daftar pameran tersebut juga merupakan media yang dicari oleh orang-orang yang ingin datang ke sebuah pameran.
Media yang tepat untuk mempromosikan acara Anda online Boom Kreatif, Artis Newsletter, Art Quest, The Seer, Desain Pabrik, Craft Skotlandia, Dewan Kerajinan.

Langkah 10: Tweet tentang hal itu (1 menit setiap kali)
Twitter adalah cara yang bagus untuk tetap berhubungan dengan orang lain. Tidak mustahil pula jika twitter digunakan sebagai media promosi tentang pameran anda. Buatlah tweet atau retweet tweet orang lain yang berisi tentang ajakan untuk mengunjungi pameran yang anda selanggarakan.

Bagaimana? Mudah bukan? Anda dapat bersantai sambil mempromosikan pameran, dengan budget yang relatif kecil pula.

pameran

Kontraktor pameran